Rabu, 21 Oktober 2015

KOLOM TANYA JAWAB MENGENAI MOBIL DI SINI... TERIMA KASIH

Bagi rekan-rekan yang mempunyai problem di mobil. yuk kita share di sini. kita akan bahasa sama-sama...

191 komentar:

  1. Slmt Siang Pak Diki, saya punya Baleno matic th. 2000 permasalahannya matic mobil saya kadang gigi empatnya suka ga mau pindah dan klo pas mau pindah lampu di instrumen dashboard overdraftnya menyala kedap kedip. Dimana saya bisa ngecek diasnotic transmisinya ? informasinya di bengkel resmi suzukinya sendiri tidak ada ... mohon informasinya dan terima kasih

    BalasHapus
  2. dear pa firman hidayat,

    Menurut saya kalo pa firman kena trouble di matic. bapak harus langsung overhaul saja transmisinya di bengkel resmi atau di bengkel matic yang recommend. bisa saja ada komponen tersumbat gara2 kotoran yang di akibatkan oleh penggantian oli matic yang tidak teratur. atau valve body dan selenoidnya sudah lemah.

    saran saya lebih baik di turunkan transmisinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang mas. Saya mau tanyak, mobil saya escudo 1,6 thn 2006.untuk kerusakan nya mobil nyendat2 dan sering mati RPM juga naik turun mas. Sudah saya bawak keberapa bengkel tapi tetap nihil mas. Mohon arahan nya mas. Terima kasih

      Hapus
    2. pak.. selamat siang. untuk mobil nyedat dan sering mati itu saat akselerasi atau saat idle ? jika saat idle itu bisa saja di Idle control valve nya.. atau dari coil yang sudah mulai termakan usia.

      Hapus
    3. Assalamualaikum om diki,,,
      Mau tanya ni om
      Mobil saya luxio 2010 kendala yg dialami, klep bunyi Tenaga lemah,,, dan pas dstater kuluar asap putih tp pas jalan gk keluar asap,,, udah servis injektor, ganti busi sama ganti pompa minyak gak ada perubahannya om,,, mohon pencerahannya,,,, ada yg bilang kompresi kurang,, padahal perpak2 mesinnya gk ada yg bocor dan mrembes,, sebelumnya terima kasih

      Hapus
  3. Mlm p diky u mobil sedan budget 45jt yg recomended apa ya? Timor/esteem/mazdafamilia/city97/ ato apa yg irit, mesin bandel, part gampang, dan hrg jual kembali ga turun bgt..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. city 1997 aja pak rahman.. menurut saya part nya masih banyak di distributor. bandel dan irit.

      Hapus
  4. Selamat malam mas.diki..maaf mengganggu..
    Sya punya baleno 97,sedang ada problem di bagian power staring mas.
    Oli PS mrembes, sya liat di selang tdk ada msalah, intensitas tetesan agak lumayan bnyak, apakah sya harus mengganti komponen semacam AS PS semua mas, mnta tolog analisa mas.diki tentang problem trsbut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi pak Sofyan,

      Kalo memang dari selang2nya bagus tidak ada kebocoran. bila mana di temukan bocor pada bagian Rack Power steering. lebih baik di ganti seal nya pak. dan untuk Rack As nya klo ada kecacatan daripada di ganti baru bisa di Chrome ulang oleh bp. insha allah bisa.

      Hapus
  5. Sore pak diki. Sy punya baleno 97. Masalahnya klo gigi 2 dan 3 awalnya pincang klo di injak gas.tpi klo kecepatan sedang pincangnya hilang hanya awalnya klo digas pincang dikit. Kira2 apanya yg harus doperiksa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore pak Jusran,

      Coba di cek pengapian dan juga suplai dr karburator ke mesin. Kali saja ada kotoran di karburator. Atau bisa dari pengapian , bisa dari busi atau dari kabel busi. Itu bisa menyebabkan pincang juga pa jusran.

      Hapus
  6. Maksih sblumnya pak diki. Mobil baleno sy pake injeksi pak diki. Kira2 injeksinya ada masalh ya pak diki? Trus klo jaln gigi 3 lalu gasnya di undur trus digas lagi mesinnya kayak terhentak. Biasanya sy ngakalin dengan cara gasnya sy injak perlahan. Tapi bikin nyusain pak diki

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek injektor nya, kali aja ada kotoran. terus di cek juga sensor angin di bagian troule body bisa saja di situ mulai ngaco,.

      Hapus
    2. Pak diki kira2 apa yg bermslh klo air cadangan radiator berkurang, stengah centilah untuk pemakaian aktif slm dua hari dalam kota. Tapi anehnya klo dipakai keluar kota skitar 150 km tidk berkurang sedikitpun.

      Hapus
    3. Selamat siang Pak Jusran Azka,

      Sirkulasi dalam kota itu mobil sering berenti dan selama diam itu kadang naik turun suhu tidak konstan. adanya penguapan di dalam mesin. karena kalo untuk luar kota jarang menemui lampu merah. jadi kondisi mesin panasnya konstan.kalo hanya stgh centi masih wajar. kalo di ukur pada saat panas. pasti berkurang. coba di ukur pada saat mesin sudah dingin. bila mana berkurang terus2 an sampe kosong. berarti ada kebocoran bisa dari selang atau komponen system pendingin di mobil bapak.


      regard,

      dikie maulana

      Hapus
  7. Pak diki kira2 klo koplingnya keras apakh kampasnya udah mulai kalah? Klo star gigi 2 lumayan bergetar tapi hanya sendiri dimobil. Tpi klo kecepatan tinggi dari gigi 2ke 3dan ke 4 tarikannya masi kuat.

    BalasHapus
  8. Pak diki kira2 klo koplingnya keras apakh kampasnya udah mulai kalah? Klo star gigi 2 lumayan bergetar tapi hanya sendiri dimobil. Tpi klo kecepatan tinggi dari gigi 2ke 3dan ke 4 tarikannya masi kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopling bila keras. Rata2 dari matahari atau dgn nama lain disc compresion. Coba ganti kopling assy. Biar se umur semuanya.

      Hapus
  9. Pak mobil baleno saya klo sy gas dikit trus sy tahan suara mesin naik turun. Suara knlpot jg tidk rata. Kbtulan knlpot resing. Smpai2 mobil ndut2an Klo pelan. Udah sy ganti busi,stel angin, stel delkunya tapi tetap sama . Sy curiga sensornya udah mulai ngaco. Trus bisa tidk klo sensor baleno 2002 sy pake untuk tes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear pak jusran azka.

      coba di cek dahulu ke bengkel resmi suzuki bila mana idle air control nya mengalami kerusakan.

      Hapus
  10. Pak diki mau tanya nih, saya pengguna baleno 2002. Kadang kalo mesin masih dingin dinyalakan terdengar suara ngiiing ngiiiing seperti ada gesekan pada mesin. Bagaimana cara mengatasinya?

    Kemudian Ac jadi kurang dingin seperti dulu, padahal sebelumnya sudah di bawa ketukang Ac di bersihkan, mengganti ekspansi dan freon, kira2 kenapa ya?

    Yang terakhir, kira2 harga jual beleno 2002 di angka 80jt dengan km sekitar 90rb perawatan oke, body mulus, dan mesin terjamin terlalu overprice tidak?

    Terimakasih sebelumnya, maaf banyak pertanyaannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear pak fajar,
      suara ngingg itu bisa saja dari pully compresor ac yang menempel di magnetic clucth. tapi bisa saja dari fan belt yang kendor, atau fan belt kotor juga bs buat bunyi.. coba kasih stempet dl di pinggiran fanbeltnya.

      Hapus
    2. untuk harga baleno 2002 kemahalan pak. rata2 di bawah 80 jt pak.

      Hapus
    3. Terimakasih atas jawabannya pak diki, sangat bermanfaat :D

      Hapus
  11. Pak diki, saya ditawarin teman baleno 97, terawat sih, minta nya 59jt an.
    Trus Habis itu saya ditawarin temen lain, baleno 2000 silver 62jt. Velg nya uda ganti.
    Kira2 worth it mana ya pak?
    *dua2nya Bukan makelar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi pak bibil,
      semakin muda umur mobil itu lebih worth it pak bibil.di lihat saja terlebih dahulu unitnya. ditakutkan unit tidak terawat. coba di cek2. intinya membeli unit itu yang
      1. kurangnya resiko perbaikan setelah pembelian.
      2. keadaan unit memang benar2 apa adanya tidak di tutup2 oleh si penjual.
      3. tahun lebih muda dan murah itu kalo ngelihat dari wiring diagram masih layak.
      4. pada saat pengecekan mohon membawa teknisi atau bawa ke bengkel resmi agar tidak tertipu.

      saran saya itu saja untuk pak bibil.

      Regard,

      Diki Maulana

      Hapus
  12. Mas, kalau city z harganya masih ketinggian, beli soluna aja bagus enggak, mas diki..? Terima kasih

    BalasHapus
  13. dear pak Panitia,

    untuk soluna juga worth it pak, spare part jg masih bejubel di distributor. dan untuk membelinya, saya sarankan bawalah unit bekas ke dealer resmi untuk di estimasi agar semua bisa di cek. maklum ya pak.. namanya mobil bekas pasti ada jajan nya. nah biar ada pertimbangan pantas engga nya mobil di beli. sekedar info aja. tidak semua penjual itu jujur. jadi ada baiknya kita lebih pintar untuk tau kondisi mobil sebenarnya. atau bila bpk punya kenalan teknisi toyota ya apa salahnya untuk ikut mengecek kondisi mobil tersebut sambil test jalan. ya kasih aja buat jasa pengecekan dr bpk seikhlasnya.

    regard,

    dikie maulana

    BalasHapus
  14. Mas diki...klo untuk timor,msh layak kah untuk di beli?terima kasih. Trs kekurangan dan kelebihannya apa? Sparepart msh gampang di cari tidak?

    BalasHapus
  15. Selamat pagi mbak yeyen,
    Untuk timor masih layak ko mbak, sparepart juga masih banyak di pasaran. Kekurangan dari timor itu sedikit untuk bagian kaki2 nya suka masih banyak bunyi. Namun untuk sparepart masih banyak di kota2 besar. Bandung,jakarta,surabaya dll kota lain nya.untuk kelebihan nya timor itu sangat irit dan tidak rewel masalah perawatan nya. Masih terjangkaunya part2 untuk timor. Worth it untuk di beli. Saran saya untuk pembelian mobil cek bersama dengan montir terpercaya. Rata2 mekanik timor itu dari bengkel resmi kia.

    Semoga jawabannya bs membantu.

    Regard,
    Diki Maulana

    BalasHapus
  16. Pak mau tanya mengenai kompresi mesin mobil honda city, kalau besarnya 125 psi masih kuat menaiki tanjakan curam tdk ya? Itu kira2 sanggup berapa tahun lg untuk ganti ring piston? Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompresi itu masih bagus pak. di bawah 11 itu baru jelek.

      Hapus
  17. Tanya lg Pak, honda city manual saya kalau di gigi 1 kurang stabil gasnya pas kondisi macet & terpaksa harus sering main kopling, itu sebabnya apakah roda gila/ pistonnya/ injektornya ya? Tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek dari kabel busi,busi, dan injektor lalu di lihat dr trouttle body nya juga pak,

      Hapus
  18. Dear Pak Diki

    saya mau nanya, klo untuk kenyamanan dan perawatan serta kehandalan lebih bagus mana antara City Z, Baleno dan Corolla (2000-2002)

    Best Regard
    Heri SR

    BalasHapus
    Balasan
    1. corolla enak tuh pak, city z ngga ribet. kalo saya punya mobil ya saya sih lebih condong ke brand honda. karena saya paham di mesin honda dan toyota

      Hapus
  19. Pak Diki kalau shoc city z aslinya oli atau gas ya? Tks

    BalasHapus
  20. Mau tanya Pak Diki, saya udah beli honda city z tp mau ganti per yg karakternya sedikit lebih empuk dr standarnya & tdk perlu ceper, kira2 bisa diganti dg per merk mobil apa ya? depan belakang, Nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh om.. untuk Per nya saya kurang tahu. karena saya biasanya hanya memberikan saran untuk standart unit saja. om kalo posisinya di bandung bisa cek di sadakeling om. atau di cikawao di jejen spring. bagus2 di sana, om bs milih.

      Hapus
  21. Om mau nanya, final gear mobil sedan honda bisa diubah tdk? di bengkel resmi bisa tdk ya? biaya tau tdk Om berapaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Final gear ?.. buat apa ganti final gear ? mau di kecilin atau di besarin.. ? kalo mau cari tenaga ya di besarin. kalo cari kecepatan ya di kecilin. tapi heman saya sih yah.. jangan masuk k transmisi. kalo mau tenaga enak. copot saja Kompresor AC. dan ganti fanbeltnya dengan yg lebih pendek. di bengkel luar sana banyak yg costum untuk rubahan gear. untuk di dealer resmi sepertinya tidak di sarankan.

      Hapus
  22. Selamat malam pak Diki, saya rencana mau beli mobil baleno tahun 2000. sebelum di beli point apa aja pak yang harus saya perhatiin dari mobil tersebut?

    BalasHapus
  23. dear pa gugum.

    Untuk semua mobil jika ingin cek. :
    1. nomor rangka & mesin di cek. akur kan dengan bpkb.
    2. cek kelistrikan. apakah masih original apa sudah banyak variasian.
    3. kondisi kaki2 di cek juga.
    4. untuk mesin nya juga.

    saya sarankan untuk di cek bareng ke dealer resmi. karena namanya mobil second itu tergantung dari kita liat kondisi.

    kita misalkan saja ya pak.

    jika harga mobil seharga 65jt
    uang jaga repair nya itu harus sedia sekitar 10-20% dr harga mobil.

    syukur2 bapak cuma mengeluarkan kocek kurang dr 10%.
    karena mobil second tidak semua fit. agar tidak terbohongi lebih baik cek ke dealer resmi.

    BalasHapus
  24. Selamat siang Pak Diki rencana saya mau ambil suzuki splash 2011. mau tanya kira - kira kelemagannya suzuki splash apa saja ya pak, mengingat sudah lebih dari 5 tahun. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kelemahan nya suzuki splash bila bermanuver kurang stabil. karena body kendaraan agak kaku. untuk kaki-kaki masih banyak bunyi. overall worth it untuk di beli

      Hapus
  25. Paman diki apa ya penyebab mobil terasa panas padahal ac hidup kalau d bawa d siang hari.mobil saya baleno 2001

    BalasHapus
    Balasan
    1. A/C normal itu berkisar di 5 - 8 celcius.coba di cek terlebih dahulu Air conditioner ke bengkel resmi, takutnya kurang baik perform nya. bila mana panas meresap. mungkin kacafilm nya itu bukan vkool. saya pernah uji kacafilm di bengkel. untuk merk vkool saya tempelkan di seblilah kaca lalu dari arah atas saya nyalakan hairdryer ke kaca.. itu dari dalam tetap adem.. kalo pake kacafilm yang biasa atau merk lain nya.. itu panas nya menyerap ke bawah. hingga panasnya terasa di telapak tangan.

      Hapus
    2. Oke terimakasih paman diki...ada satu lg ni..baleno saya waktu pertama kali d starter kuat sakali getaranya...itu gimana

      paman diki....

      Hapus
    3. Oke terimakasih paman diki...ada satu lg ni..baleno saya waktu pertama kali d starter kuat sakali getaranya...itu gimana

      paman diki....

      Hapus
    4. dear wen wen,

      coba di cek mounting ( penahan mesin dan transmisi dari bahan karet ).

      Hapus
  26. nama saya daffa gan,punya baleno 2000 injection.barusan mobil mogok tiba tiba,ketika didiamkan sebentr bisa jalan 4 km trus mogok lagi.mohon petunjuk apa yg harus di cek,belum bisa bawa ke bengkel soalnya bengkel resmi aadanya di luar kota.

    BalasHapus
  27. Malam paman dikie mau tanya ni...baleno saya 3hari ini kan nggak d s hidupi karna saya keluar kota.td pagi saya hidupkan trus baru jalan beberapa kilo ac hidup bunyi tik..tik..tik kenceng banget saya berhenti buka kap mesin bunyinya di sekitaran bawah tabung oli powersteering...tp td sore saya bawa nggk ada lg bunyinya....kira kira apa ya itu paman...?mohon pencerahanya...!!!trimakasih

    BalasHapus
  28. Malam paman dikie mau tanya ni...baleno saya 3hari ini kan nggak d s hidupi karna saya keluar kota.td pagi saya hidupkan trus baru jalan beberapa kilo ac hidup bunyi tik..tik..tik kenceng banget saya berhenti buka kap mesin bunyinya di sekitaran bawah tabung oli powersteering...tp td sore saya bawa nggk ada lg bunyinya....kira kira apa ya itu paman...?mohon pencerahanya...!!!trimakasih

    BalasHapus
  29. Satu lagi paman oli powerstering yg cocok buat baleno apa ya...??

    BalasHapus
  30. Satu lagi paman oli powerstering yg cocok buat baleno apa ya...??

    BalasHapus
  31. Sore pak Diki, ada yg saya mau tanyakan nih seputar Baleno 1997 yg baru saya beli.

    1. Kenapa ya baleno saya kalau pagi baru dinyalakan itu sulit sekali hidup. kalau di pancing Dengan memasukan bensin ke saluran injection baru bisa hidup. Kesel jg sih kl gitu terus mesti buka kap mobil dl, ada solusinya ga ya?

    2. Kl baleno bensinnya 1:8 atau 1:9 udah termasuk irit ga ya pak. Soalnya hati sih ngerasa itu boros.

    Makasih jawabannya pak Diki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang pak Deni Nugroho,

      saya akan jawab pertanyaan bapak satu persatu.
      1. dari yang bapak jelaskan bisa saja injector mampet dan suplai bensin kurang k ruang bakar coba di bersihkan atau di kalibrasi injector di tukang injector. atau bisa dari pengapian coba di cek busi nya juga.. barang kali dari pengapian yang kurang optimal.

      2. masalah bensin itu menurut saya irit. karena brio saja cc 1200cc 1 : 9.7 dalam kota. dan kalo luar kota 1: 14.
      untuk bensin ini coba bpk test case keluar kota lewat tol yang notaben tidak bertemu per4patan dan macetnya dalam kota.

      terima kasih atas kunjungan nya ke blog saya.


      regard,

      Diki Maulana

      Hapus
  32. mas baleno 2001 matic biasanya FC nya berapa? saya mau beli second soalnya

    BalasHapus
  33. Pak Diki boleh saya bertanya?
    Apabila turun gear box transmisi mau mengganti final gear caranya yg diganti dibagian mananya pd mobil sedan? Tks

    BalasHapus
  34. Mas sy mau tanya sm g type sensor speedometer untuk baleno matic sm manual?

    BalasHapus
  35. Mlm kang diki... salam kenal!!
    Saya mau tanya untuk masalah pintu belakang buat baleno DX 2001, ada yang jual ga ya? Soalnya pintu belakang kiri saya barusan ada yang nabrak ampe sobek. Klo misalkan ada yg jual, tolong minta rekomendasi dari kang diki sekalian cek harga. Terima kasih

    BalasHapus
  36. mas sy mau tanya, bagaimana mencari top pada mobil hardtop saat mengganti platina ? posisi rotor pada busi nomer berapa, untuk mengetes loncatan bunga api pada platina?

    BalasHapus
  37. Mau nax om, karet kaca baleno 97 bisa diganti dengan karet kaca mobil apa yg cocok om? Mksi.

    BalasHapus
  38. Permisi mau tanya mesin Kijang seri 7K efi tanda top piston no 1 di pulley bergeser ke kiri sehingga harus membuka busi untuk melihat posisi top silinder no 1 kemudian memberi tanda baru di pulley, mesin belum pernah ganti pulley kira2 apa penyebab bergesernya tanda di pulley dan apakah benar membuat tanda baru di pulley untuk piston top no 1 terimakasih

    BalasHapus
  39. Selamat malam pak diki.mobil saya xenia tahun 2011 akhir. semalam sore tiba2 mobil saya nggak hidup klaksonnya saat jalan2 sore dgn anak2.tadi pagi saat berangkat kerja biasanya saat pintu mobil di buka lampu di flapon hidup tp tadi pagi nggak hidup, di saat mobil berjalan centralock otomatis nya nggak berfungsi, yang biasanya mobil jalan langsung otomatis terkunci namun saat ini harus dipencet baru terkunci .kemudian saat mobil berjalan kode lampu hati2 kadang2 hidup sendiri dan mati sendiri.saat mobil berhenti dan mesin di matikan kunci otomatis centralock tidak terbuka sendiri karena saat di dalam di pencet manual utk mengunci,harus di tarik terlebih dahulu utk keluar.
    yang menjadi pertanyaan mengapa kejadian kerusakan ini terjadi bersamaan ?

    Saya sudah bawa ke bengkel kabel khusus mobil namun tidak berhasiljuga

    BalasHapus
  40. Pagi pk saya punya l300 solar sudah turun mesin ganti boring seher cylinder head dan bospom tapi pembakar 12nya masih tidk sempurna asap putih apa penyebabny tolong solusinya mobil thn 1990

    BalasHapus
  41. Pagi pk saya punya l300 solar sudah turun mesin ganti boring seher cylinder head dan bospom tapi pembakar 12nya masih tidk sempurna asap putih apa penyebabny tolong solusinya mobil thn 1990

    BalasHapus
  42. salam kenal pak diki, saya dari jayapura papua.
    mobil sy merk kijang super 7k tahun 1996.
    setelah turun mesin, mobil tidak stabil lagi, ganti karbu baru lah,, tapi masih tdk stabil juga, mesin sering mati sendiri, klau di gas brebet-brebetttttt,,, mohon solusinya

    BalasHapus
  43. Selamat sore pak..
    mobil sya great xenia r sporty 2015
    Saat baru di stater setelah mesin idle (rpm 500~600) bunyi tak tak tek tek (suara lebih jelas dengar di kolong depan mesin)...setelah 5 menit bunyinya mengecil/hilang (klo gas di injak rpm 1000~1500 bunyinya hilang) saat mobil parkir (mesin di matikan) sekitar 4~5 kemudian di stater setelah mesin idle bunyi lagi tak tak tak kemudian hilang...
    Mohon pencerahannya pak..trims

    BalasHapus
  44. Malam om. Ane mau tanya klo kipas ertiga muter saat mesin panas. Terus goyang kaya oblak.. Pas saya bongkar gk ada bearingnya. Tpi pas dia muter kaya bearingnya yg rusak jdi oblak. Apa dudukan kipas ya yg udh aus

    BalasHapus
  45. Selamat malam BPK mohon maat saya mau tanya,kalau kijang kapsul lgx matic di rubah manual bisa apa gak?

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum pa diki saya punya kijang kotak sy baru ganti matahari dan kampas Baru tp setelh d coba jalan tarikanya loyo, trus klw sementra jalan d lepas gas ada bunyi nangis d transmisi, kira2 apanya yg brmasalah pak? Trms

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum pa diki saya punya kijang kotak sy baru ganti matahari dan kampas Baru tp setelh d coba jalan tarikanya loyo, trus klw sementra jalan d lepas gas ada bunyi nangis d transmisi, kira2 apanya yg brmasalah pak? Trms

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum Pak diki saya mau curhat masalah Mobil saya. Saya punya Mobil brio Satya tipe E tahun 2017.kemarin baru mengalami musibah gara2 mau manasin Mobil persneling masuk Mobil melaju sangat kencang sampe pagar besi rumah jebol Naik ke atas Mobil saya padahal pas kejadian Posisi hand rem Naik dalam Posisi on.dan pada saat saya menghidupkan mesin Posisi saya dluar mobil alias saya ga injak gas. Setahu saya klo gigi masuk gas ga diinjek sma kopling Paling melonjak aja ga sampe melaju kyk Mobil saya..mohon penjelasnya tentang masalh Mobil saya Pak diki apakah Ada something wrong dgn Mobil saya mohon penjelasnya terimakasih

    BalasHapus
  49. mas diki saya mau nanya nih kalau karbu mobil lancer cb 2 saya nembak saat langsam kanapa ya, tpi kalau putaran atas gak ada masalah seperti mobil normal aja.

    BalasHapus
  50. Om diki saya mo nanya ni saya punya mbl toyota avanza G thn 2007 kynya ada masalah di kelistrilanya om aki sering tekor klo mbl tdk jln 1-2 hari untuk kabel2 lampu rimot power window sampaike dinamo isi sdh dicek dan nggak ktemu penyakitnya mhn bantuanya om siapa tau ada yg punya pengalaman seperti saya terimakasih...

    BalasHapus
  51. Om sy mau nanyak ne
    Apakah rpm mesin tiba2 tinggi di sebabkan pas masuin gigi pedal gas sya msi injek. Apakah gara2 itu bisa menyebabkan rpm mesin jdi tiba2 naik

    BalasHapus
  52. Mas diki saya mau tanya, saya menggunakan mobil toyota vios th.2003, kalau lampu engine menyala : berapa biaya pengecekannya saja di bengkel resmi toyota ?...
    Terima kasih

    BalasHapus
  53. Pak diki saya mau tanya mobil saya toyota innova saya sudah mengganti dinamo tapi tetap aja tidak ada pengisian pada accu

    BalasHapus
  54. Pagi pak..pak saya mau tnyk mengenai
    Stik oli kenpa tidak rapat pada saat saya menutupnya? Apakah itu berbahaya pak bagi mobil

    BalasHapus
  55. Pagi pak diki..saya mau tnyk masalah stik oli

    Kenpa pada saat mengecek oli itu tutupnya rapat dan sya tutup kembli kok tidak rapat ya pakk..itu pun sya berulng2 menutupnya tpi msih gk rapat..itu bhyakan bgi mobil pak?

    BalasHapus
  56. Mas cara memperbaiki indikator 4wd atau double gardan gak muncul di spedometer ,mobil saya strada triton

    BalasHapus
  57. Selamat pagi semuanya.
    Ingin tanya masalah alarm mobil, jika lampu sensor alarm mati apa ada kerusakan di mesinnya ya, lampu sein jika di buka pintunya lampunya masih hidul

    BalasHapus
  58. Selamat malam pak diki
    Saya punya mobil timor tahun 97
    Mobil saya menggunakan velg 17
    Saya mau tanya power stering mobil saya klau sblum maju itu berat sekali di puter tapi setelah maju ringan..cuman pada saat jalan stir itu seperti ke bawa sama ban..di kecepatan 60km stir itu gak stabil malah goyang..hmpir2 saya mau tabrakan di tol karna stir mobil saya gk stabil seperti terbawa sama ban..mhon pencerahan nya..kira2 ada kerusakan dmna ya
    Padahal kecepatan 60km itu masih saya pelan klau di tol..biasa nya saya 120km stir stabik

    BalasHapus
  59. siang bos..sy punya agya 2014,lampu dekat kadang hidup mati,digoyang dulu kadang hidup..tapi begitu lampu jauh tdk ada maslah..kira" permasalhnya apa ya bos..

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum bang , saya kan habis nyetim mobil merk ranger Rover sport , trus ada cat yang tumpah di belakang tepat nya di (bagian kabel" kelistrikan / aki ) , terus saya bersihkan dengan sikat kasih air sedikit lah biar gampang setelah itu saya semprot dengan kompresor. Kemudian ketika mau dihidupkan mobil nya tiba" lampu mobil kedap kedip semua kelistrikan eror . Padahal awalnya normal baik" saja.
    Kalo boleh tau masalahnya apa ya???

    BalasHapus
  61. misi gan mau tanya, kalau saya ganti stir racing klaksonnya msih bisa bunyi ga yak, terima kasih

    BalasHapus
  62. Selmat mlm pak Diki,,
    Mf numpang tnya mobil panther isusu sya kerusakanx di saat kita jalan menurun dengan gigi 1 ada bunyi dengung di bgian mesin tapi kalau injak kopling bunyi hilang,,kira alat apa yg prlu di gnti krn sudah di bawah ke diler tpi blm jadi2 jga..mohon info..

    BalasHapus
  63. Mau menanyakan busi iridium perlu dibersihkan berapa km sekali? dan perlu diatur gap nya berapa km sekali?
    Thanks..

    BalasHapus
  64. Selamat siang Bpk.. Saya mau tanya ni. Saya punya mobil karimun Gx 2003..masalahnya knp setiap jln tiba-tiba mati. .terus bisa hidup lg sekitar 20 menit. .Hbis itu g mati mati lagi.. Besoknya saya pakai lg jln g rewel lg. .tp kadang rewel lg. Dan yg bikin saya bingung.. SUDAH 5 BENGKEL. DIBILANG G ADA MASALH.. Sudah ganti pompa nya.. Sudah bongkar tangki bensin jg sudah.. Apa lg ya yg kecil2 sudah. Saya sampek panggil mekanik suzuki.. Diblng g ada masalh. .Mesinnya masih bagus. Yg saya heran terus apanya lg pak kira mobil saya itu? Terus terang saya pusing. .Mohon kasih masukan dan saranya pak.. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  65. Siang pak,mau tanya mbl swift.mbl sy swift gt2 2007.1 bulan yg lalu kipas fan radiator mati, ahir nya sy ganti di bengkel langganan. Setelah 2 hari sy bawa mbl ke ciputat dan d sana kipas fan radiator mati lg ( bagian tengah kipas meleleh ). Trus d ganti lg kipas fan radiatornya + daun kipas..setelah 3 hari sy bawa lg mbl ke daerah lbk bulus dan trnyata mesin panas lg untuk yg ke 3 kalinya, daun kipasnya mlehleh lg...mohon d ksh pencerahn gan,harus gmna sy dan apa sebenernya penyakitnya.trmksh bnyk

    BalasHapus
  66. Mobil sy merek kijang super. Pada saat masuk gigi 3 dan 4 mobilnya gemetar sekali. Mohon solusinya

    BalasHapus
  67. Mobil saya ford ranger.busi pemanasnya sering mati.setelah saya cekl bngkel.ternyata arus ke busi tdk mw putus meski mesin sudah hidup.saya suda ganti relay glow plug.tp tdk ada perubahan.mohon solusinya!!! Trm kasih.

    BalasHapus
  68. Selamat pagi, saya mau tanya: saya dirumah punya mobil Xenia type x tahun 2016 warna grey. Tadi pada saat saya lagi panasin mesnm mobil tiba tiba ada suara klutuk klutuk. Ada yang tau gak penyebabnya apa saja?

    BalasHapus
  69. Bang mau tanya bang saya habis nyrvis kaki Honda city sampai melepas kabel soket EPS stelah semua terpasang kembali kok skrng EPS nya jadi tdk mau konec/pwrstring ga aktif, pfhal sblm mlpas soket kabel aki tak lepas dulu, jadi kira2 trobelnya di bagian apanya

    BalasHapus
  70. Pak mobil jaz atau yaris tahun berapakah yg mengunakan transmisi matic AT,?

    BalasHapus
  71. mobil saya kijang kapsul.
    masuk lubang bagian depan sebelah kanan.
    habis itu kok jadi kurang bertenaga di rpm rendah ndut2an.
    kenapa ya?

    BalasHapus
  72. Met maam mas kalau lampu sen nyla di depan tpi lampu blkang g nyla cek bolak ga mati Monica Pic up Mitshubishi ts120 ad

    BalasHapus
  73. Assalamulaikum... Minta solusinya, mobil saya mazda interplay 90.. Penyakitnya tidak kunjung sembuh pdhl part yg disarankan semua sudah saya ganti. Ndut2an di rpm rendah. Itu penyakitnya. Wassalam.

    BalasHapus
  74. Met pagi pk diki sya mau tanya air radiator sya kok balik ke tandon terus ya pak kenapa pak padahal sudah sya gnti thermostat sma tutup radiator.ny pak mohon solusi pak

    BalasHapus
  75. Mohon Maaf kepada semua teman2 yang berada di blogs saya. saya akan balas semua . karena 2 tahun kebelakang saya sedang tidak mempunyai komputer. mohon maaf

    BalasHapus
  76. Akang Dikie,
    Ijin dan numpang masalah sy di blogsnya ya..

    Kang Dikie atau akang teteh, mohon petunjuk & arahannya.
    Saya baru membeli suzuki sx4 manual tahun 2018 pd juni 2019.. nopol msh ompang saya sdh gunakan, awal saya gunakan saat kondisi berhenti dan mau jalan kembali dgn injak kopling dan masukkan gigi 1, ada suara "duk" halus... Saat itu sy abaikan, mungkin cara saya yg kurang injak kopling dalam..
    Setelah service pertama 1000km, mobil sy gunakan keluar kota...
    Nah mulai suara "duk" itu makin terasa dan makin kencang suaranya.
    Anehnya suara "duk" itu kadang ada kadang juga tdk ada, tapi dari setiap 10 kali mobil berhenti (misal lampu merah) dan jalan kembali dgn injak kopling dan masuk gigi 1, pasti 8-9x suara abnormal berbunyi.

    Masalah utama :
    Tiap berhenti dan mau jalan kembali dgn injak kopling terus memasukkan gigi 1 atau 2 sering sekali bunyi suara "duk".

    Pertanyaan saya :
    1. Apa yg hrs saya lakukan.. berhubung itu mobil masih gress baru..
    2. Saya sdh bawa masalah ini kepada Suzuki di Bandung dan laporkan masalah ini ke halo suzuki dan dibawa ke NJS Leuwi Panjang Bdg, utk diuji dgn unit pembanding.
    3. Info dari NJS melalui SA mengatakan bahwa memang mobil SX4 kondisinya spt itu, setiap injak kopling dan memasukkan gigi pasti ada sentakan.

    Akang dan Teteh, yg memiliki dan mengetahui kendaraan Suzuki SX4, apakah memang seperti yg dijelaskan oleh SA Suzuki ????

    Ditunggu responnya, karena dr pihak Suzuki blm melakukan apa" atas kendaraan saya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  77. Izin tanya bos yah.
    Honda civic vvti 2002 sya tba" di mesin bagian timing beltnya suaranya kasar pda saat rpm rendah, tpi di rpm tinggi halus lagi.
    Apakah mngkin sdh mnta gnti timing belt nya atau kendur ya?
    Kalo pun ganti apa bisa pake yang lain bos ku?
    Soalnya disini susah stocknya, hrus inden dlu.
    Mohon pencerahannnya bos ku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di stel lagi katup klep nya. kemungkinan agak longgar. atau stelan nya terlalu irit

      Hapus
  78. Assalamulaikum...mohon petunjuk apabila mobil mau d tinggal 4 hari, supaya bisa tetap mnyala pada saat nanti d pakai, pengalaman pernah 3 hari tdk menyala, mobil mau d kasih bunyi tdk bisa, trnyata stromm habis, padahal aki masih bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. triknya.

      1. buka kap mesin .
      2. setelah itu kuncilah dengan remote untuk mengunci pintu.
      3. buka terminal batrai negative.
      4. tutup kap mesin.

      dijamin accu tidak akan habis. dan saat di pasang kembali akan bisa menyalakan mesin mobil

      Hapus
  79. Selamat malam pak..?? Saya punya mobil kijang lgx tahun 2000.. mobil sy kalo oper gigi pas di gas lagi kayak pincang gitu pak.. sehingga terkadang tenaganya jadi berkurang.. saya coba ganti busi,bersihkan saringan minyak,bersihkan saringan udara tapi sama saja .. kira" penyebabnya karena apa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dari kabel busi nya. coba di ganti ke 4 nya.

      Hapus
  80. pak dikie boleh minta saran ,,pilih great corolla atau baleno 97 ya yg nyaman buat pemakaian harian,irit,sperpart memadai

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum salam kenal Abang dan om senior.
    Minta saran dan solusi boleh ya???.
    Saya kendaraan klo dibawa kecepatan rendah atau tinggi suka limbung sprti ngelayang pokoknya gk nyaman. Khususnya mobil Terios lawas
    Onderdil kaki kaki sdh saya ganti sporring balancing pun sdh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar tidak limbung bisa di lebih rendahkan untuk kaki2 nya. karena bisa jadi angin yang menuju ke bawah itu yg membuat mobil limbung sangat parah

      Hapus
  82. Mau nanya saya yaris 2006 mengapa mobil bergetar smpe dalam kabin mobil saya matik kalau posisi matik nya pun bergetar

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh di cek engine mountingnya. di takutkan sudah jebol

      Hapus
  83. Asslmkm,, mau nanya,,, mengapa audio mobil saya mati saat lampu kota atau lmpu depan dihidupkan. mohon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. eskalase kelistrikan audio nya ada salah pemasangan. coba di cek kembali ke tempat pemasangan audio

      Hapus
  84. Malem pak, mau tanya mobil saya jazz rs 2010...masalahnya itu pada door lock kalau dibuat jalan bergelombang atau berkelok2 sering bukatutup sendiri locknya dan lampu hazard ikut nyala..pernah saya bawa ke bengkel dan diganti remot2 semuanya tp ttp aja. Apa masalah di swicth pintu nya ya...soalnya semua kelistrikan normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ada pemasangan alarm tambahan ? kemungkinan dari alarm tambahan dan ada konsleting di modul alarm

      Hapus
  85. Selamat malam ,mohon izin bertanya
    Dimanakah letak relay fuel pump kijang lgx 2001? Apakah di kanan / kiri ? Soalnya tidak terlihat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kanan warna hitam. itu relay fuelpump

      Hapus
  86. Selamat sore pak diki...saya punya honda city th 2002...pernah di pake temen trus telat air radiator,,,pas itu masih normal...lalu pas nyampe rumah besoknya itu tak nyalakan trus kurang lebih 10 menitan mesin mati,,,pas dingin nyala lagi,,trus 10 mnit mati lg...itu kenapa ya pak???
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear mimil...

      untuk 10 menit mati lagi itu kondisinya panas apa dingin mesin nya ?

      kalo pengecekan komponen pendingin mesin ada beberapa step.

      1. cek reservoir radiator ( tangki cadangan )
      2. cek kipas apakah mati sebelah atau lemah.
      3. Cek radiator apakah masih bagus atau ada yang rembes.
      4. cek selang2 apakah ada bocor atau tidaknya.hal ini bisa di lihat ada bekas aliran air menguning di besi mesin.

      5. cek air di radiator berkurang apa ngga.. ( cek saat mobil dingin )

      6 cek kipas dengan cara menyalakan tombol ac ON. apakah menyala atau tidak

      Hapus
  87. Mau tanya mobil saya honda stream 2004 1.7cc tiba2 gak bisa d star trus uda ganti sensorx tetap sama sja.solusinya gmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear bp.. itu ada security system nya yang belum bp ketahui. yang mesti di cabut. jadi mesin nya ga akan menyala. info ke WA 08997700884

      Hapus
  88. Selamat sore pak diki.mobil saya sigra m.setiap kali mobil diapakai waktu hujan dan melibas genangan2 kecil.tiba2 lampu chek engine menyala.tapi setelah mobil kena terik sinar matahari.lampu chek engine nya mati sendiri.itu terjadi berulang kali pak.kira 2 pnyebabnya apa ya pak mohon bantuanya

    BalasHapus
  89. Maaf pak mw tanya apa persamaan piston cakram yundai acent gls

    BalasHapus
  90. Selamat siang mau tanya mobil saya innova diesel 2007 seri mesin 2KD kalau waktu mesin mobil habis dipakai / dipanasi di stick oli itu keluar asap itu gimana mohon bantuan nya

    BalasHapus
  91. Tanya dong kk enakan mna bmw 328i sport atau 355i m sport 2013?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk unit bmw saya lebih enak membawa seri 355i. Karena unit tersebut nyaman untuk handling dan horse power mumpuni di kecepatan tinggi. Alias stabil

      Hapus
  92. Sya mau tanya, bagay mana carnya mengetop pompa solar froad ranger 3000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pompa top ranger itu di sesuaikan dengan top di crankshaftnya kang. Karena pendistribusian solar dengan gerak langkah pistob harus sesuai.

      Hapus
  93. Pak saya mau tanya mobil saya terasa ada masalah di AC nya karna cuman kipasnya yg hidup, jadi AC nya tidak dingin. Jadi cara mengecek kenapa AC bisa tidak dingin itu dimana ya pak, tolong penjelasannya pak,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ac ada beberapa yg harus di cek.
      1. Cek apakah freon nya sudah pas . Rata2 di isi 450-550
      2. Jika tahapan di atas masih kurang dingin. Cek adakah kebocoran di selang atau di sambungan.
      3. Apakah ada bunyi klik di bagian kompresor...
      4. Cek sensor suhu di bagian evaporatornya. Jika masih ga dingin atau sensor masih fungsi coba di geser jangan di tempel di tmpt yang semula.

      5. Apakah magnetic clutchnya masih fungsi atau tidak.

      Itu saran pengecekan nya

      Hapus
  94. Pak untuk dinamo starter mobil Datsun go, apa bisa memakai dinamo starter mobil lain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datsun go bisa memakai dinamo stater...untuk merk lain harus menyesuaikan dudukan dan relaynya. Yang kompetible hanya yg saya tulis di bawah ini

      1. Nissan march
      2. Darsun go +

      Hapus
  95. Selamat pagi pak, mo nanya, bisa nggak tensioner innova di stel ulang ?

    BalasHapus
  96. selamat malam gan. maaf mau tanya kalo mobil tidak bisa di starter knapa ya? klakson masih kenceng, lampu oke, power window juga oke, tapi pas di start tidak bisa bahkan tidak ada bunyi putaran dinamo starter. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di cek terlebih dahulu

      1. Sikring stater.
      2. Cek relay stater..
      3. Cek aki nya apakah masih layak pakai. Jika jelek ganti aki.
      4. Kalo masih bagus aki nya. Ketok2 dl staternya takutnya kotor.
      Jika masih tidak fungsi bila mobil masih keadaan garansi. Maka warrantykan. Jika tidak garansi segera lah ke tukang dinamo. Kemungkinan dari selenoid atau dari brush nya yg sudah tipis.

      Hapus
  97. Assalam mualaikum,selamat malam,salam sejastra,mau nanya mobil avanza gran 2014 kemasukkan air hujan saat parkir,di kabin kemudi pas di cek di atas pedal gas ada karel seal air merembas dari sela2 seal tsb,pertanyaam nya air masuk dari mana mohon pemdapat nya dan dapat kah seal tsb di ganti tanpa ke bengkel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam.

      Remebesan bisa terjadi jika karet atau sealer nya sudah retak. Bisa di tambal ko pak pakai autosealer d aftermaket. Ada yg warna hitam...merah ataupun warna bening.. bpk bisa aplikasikan itu untuk menambal bagian yang bocornya.

      Hapus
  98. Asalamualaikum,, mau Tanya monil saya luxio 2010,, pas wktu stater susah,, dia bunyi stater,, tp dibantu injak2 gas baru Mau hidup mesinnya,, mohon pencerahan nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam
      Kalo di lihat dr apa yg mas bilang. Bisa dari sistem bahan bakarnya. Coba di cek dl injector, saringan bensin, dan pompa nya....
      Lalu di cek sistem pengapian. Yaitu busi dan coil.
      Yang terahir jika 2 hal tersebut bagus. Itu dari kompresi mesin nya yang sudah lemah

      Hapus
  99. Assalamualaikum mau tanya master
    Saya punya katana thn 90
    Spelengnya banyak
    Trus kemudi nya berat banget
    Pernah ganti worm gear nya /dalam bahasa sini peli bebek nya master
    Distel speleng nya malah tambah berat master kemudi nya
    Kira2 apa nya yg harus di perbaiki master?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stelan nya terlalu kencang ke dalam... kalo ga as steeringnya harus sepaket dengan worm gear.. speleng nya itu karena gearnya sudah longgar.. atau di cek pelumasnya. Atau stempetnya.. bagusnya pakai stempet high temperatur.

      Hapus
  100. Assalamualaikum, mohon maaf saya punya taruna csx tshun 2000,kalau gigi besar misal gigi 3 kalau jalan pelan. Mesinya nyendat-nyendat. Mohon solusi trima kasih

    BalasHapus
  101. Assalamualaikum, mohon maaf saya punya taruna csx tshun 2000,kalau gigi besar misal gigi 3 kalau jalan pelan. Mesinya nyendat-nyendat. Mohon solusi trima kasih

    BalasHapus
  102. Assalamualaikum mohon maaf mengganggu, saya punya daihatsu taruna csx tahun 2000 kalau jalan pelan dengan gigi besar misal gigi 3 jalanya nyendat2 tapi kalu kecepatan agak tinggi lancar. Mohon solusi trimakasih

    BalasHapus
  103. Assalamualaikum mohon maaf mengganggu, saya punya daihatsu taruna csx tahun 2000 kalau jalan pelan dengan gigi besar misal gigi 3 jalanya nyendat2 tapi kalu kecepatan agak tinggi lancar. Mohon solusi trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk pelan2 bgt ya pasti nyendat2 om.. karena beban dan daya itu tidak seimbang. Jadi bila beban besar di dan daya kurang itu akan nyendat2 seperti mobil yg kurang daya..

      Apabila tenaga kurang bisa dari :
      1. Trottle body kotor
      2. Injector kotor
      3. Kopling tipis / bergelombang.

      Di cek step by step..
      1. Trottle kotor bisa di bersihkan dengan carbclean
      2. Injector kotor bisa di bersihan ke tmpt injector clean and calibration.
      3. Kopling bergelombang.. ganti 1 set.

      Hapus
  104. Rekan-rekan blogger bisa inbox langsung di WA 08997700884 atau via instagram @dikie132

    BalasHapus
  105. Mlm om Diki,mobil sy Suzuki Mega carry 2017 lampu engine menyala saat mesin on, mobil juga pincang saat di gas tersendat..apa masalahnya om..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan dari koilnya om kalo pincang. Kalo sampe lampu engine menyala.

      Hapus
  106. Jangan lupa temen2 di follow INSTAGRAM saya di @dikie132

    BalasHapus
  107. pak diki, mobil sy kijang LGX tahun 2000 Platina... mengapa bunyi mesinnya saat hidup kadang stabil kadang gas naik dan turun dengan sendiri (bunyinya tdk stabil) sy sdh ganti platina, busi, koil, kondensor, menurut pak diki kira kira apa penyebabnya....??? mohon informasinya. trima ksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idle nya tidak stabil ya pak ?..

      Kalo di lihat dari yang bapak bilang. Apakah kabel busi nya sudah di ganti ?
      Jika sudah ..

      Bisa dari suplay bahan bakar nya pak. Kemungkinan dari nozzle nya ( aus )

      Hapus
  108. Pak mobil sy hijet 1000 kabel bodi ancur digigit tikus tp skrg sdh normal lagi tp kabel dijemper permasalahannya dinamo amper tidak tau kemana jalurnya pertanyaan sy gimana caranya supaya pengisian aki normal kembali tp tdk melalui kabel bodi jd kabelnya dibuatkan sendiri dinamo sy yg pakai ketout mohon petunjuknya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel dari dinamo untuk mobil hijet biasanya ada regulator om. Fungsi dari regulator itu agar arus bolak balik pengisian menjadi searah ke aki.

      Hapus
  109. Slmt pagi bang
    mau nanya tentang mobil strada Mitsubishi dia di gas ga mau nyampe 5000rpm kenapa ya bang?
    kalo di gas tetep 3000rpm aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek trottle body dan pedal gas nya... kemungkinan ada kotoran yg menempel di sensornya.

      Hapus
  110. Saya mau tanya dong, saya punya vios. Tadi di jalan, indikator suhunya kedip kedip. Saya berhenti. Trus buka kap mesin. Ada air radiator yang keluar dari tabung reservoir. Kira kira rusak apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kalo dandan kira kira habis berapa duit?

      Hapus
    2. Ada kebocoran di sistem pendingin. Bisa dari selang2 dan pipa2 nya. Coba pakai radiator tester.

      Hapus
  111. Selamat malam mobil saya ud nissan quester cwe 280 PTOnya kadang aktif kadang tidak kira2 msalahnya apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PTO Engine apa PTO mixer... setahu saya kalo PTO tidak jalan itu elektrical kang. Jd bisa di cek di beres.

      Hapus
  112. Malam gan, mobil saya accrod vvti rpm naik turun sehingga di rpm rendah mobil mati tiba" dan bensin tambah boros penyebabnya apa yahh? Sebelum saya cek ke bengkel takutnya ganti banyak terimakasih

    BalasHapus
  113. gan mau beli oli gak? khusus honda

    BalasHapus
  114. Pak Diki saya mau tanya
    Mobil saya Honda Mobilio 2016 pak
    Rpm mobil saya rendah pak bahkan gak sampai 1000rpm saat non AC, bahkan saat hidup AC juga rpm saya tetap rendah, itu gimana solusinya pak?
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  115. pak diki, sy punya mobil Rush 2015, di LCD nya ada tulisan LCD off jadi touch screennya ga fungsi, mohon solusinya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek terlebih dahulu. Ada tombol resetnya. Jika tidak bisa di reset biasanya ada malfungtion yang harus di cek unit audionya pak

      Hapus
  116. Mau nanya pk mobil saya civic ferio susah d hidupkn, skali hidup d matikan kunci susah d hidupkn lg, padahal pengapian bgus dn arus bbmnya bgus busi basah trimaksih

    BalasHapus
  117. Salam kenal Pak dikie...
    Saya punya mobil honda stream 1.7 thn 2005... Mau tanya, mobil saya tiba2 getarannya kok jd kuat ya??? Dan tenaga jd hilang... Saya sdh ganti busi ke 4-4 nya, tetapi tetap mesin bergetar kuat saat di gas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf getaran mesin kuar saat standby, dan pada saat jalan terasa getar...

      Hapus
    2. Engine mountingnya pak. Kalo bergetar sampai ke stir biasanya dr engine monting . Bisa di bagian belakang atau kiri kanan nya pak.

      Hapus
  118. Bos persamaan kabel transmisi perseneleng Honda stream

    BalasHapus
  119. Pak diki saya mau tanya,penyebab sikring mesin mobil ford ranger 2008 apa ya pak?sikring utama mesin,terima kasih pak mohon di bantu menjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sikring nya sampe meleleh pak,mohon jawaban nya pak

      Hapus
    2. sikring utama itu ada banyak pak.
      1. sikring stater.
      2. pengapian
      3. bahan bakar.
      4. ecu
      5. Accesories

      nah kalo yang utama bgt bgt itu arus yang mengalir ke rangkaian. bisa saja ada kabel yang sudah berinduksi atau dalam artian menempel sehingga panas. namun knp tidak putus sikringnya. kemungkinan beban sikring terlalu besar dan efeknya mencari kelemahan nya. bisa kabelnya gosong. bisa dudukan sikringnya yg meleleh dan yg paling fatal kebakaran.

      Hapus
  120. Selamat pagi pak .....saya mw tanya.mobil saya kan xenia lama pakek aki ns40 dengan amper32 trus saya ganti dengan ns69 dengan amper 45.....kira2 aman g ya pak.....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi. aman. untuk save battery nya lebih aman kalo pake ampe yg lebih tinggi.

      Hapus
  121. Pak saya mau tanya ni.. Saya hbs bongkar honda jazz..awal nya mbl tersebut jim metalan raun.. Jd sudah saya ganti.. Semua top teming sudah pas.. Soket sensor sudah pada tempat nya semua.. Tetapi waktu saya mau hidup kan.. Mesin tdk mau hidup..& di panel indikator km.. Lampu indikator metik D hidup mati..

    BalasHapus
  122. Siang Pak diki.. Saya dedek saya buka bengkel mbl sendiri ni pak di Sumatra.. Saya mau nanya ni pak.. Saya br bongkar honda jazz metik.. Awal nya mbl ini jim metalan jadi sudah saya cuci kor as nya & sudah saya ganti metalan nya..singkat cerita pak.. Mesin sudah saya bulat kan & top teming cocok semua..soket sensor sudah pas semua pak.. Tetapi waktu saya mau hidup kan mesin tdk mau hidup pak.. Saya on kan kunci kontak lampu indikator normal pak.. Kira-2 apa yg menjadi kendala Pak.. Mhn petunjuk pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mlm om. socket sensor bukan patokan. tp geriginya kebalik ngga pas pasang crankshaftnya. soalnya kalo kebalik ga akan hidup.

      Hapus